Tuesday, October 11, 2016

ROYAL JELLY




Royal Jelly atau susu ratu adalah makanan khusus bagi ratu lebah. Berbeda dengan tiga produk lebah lainnya yaitu Madu, Propolis dan Pollen, Royal Jelly bukan produk tanaman yang dikumpulkan dan dimodifikasi oleh lebah.

 Royal Jelly secara khusus diproduksi oleh lebah pekerja perawat dari pollen dan nektar yang dihirupnya, kemudian di sekresikan dari gandula khusus di kepala lebah.


Di dalam sarang, Royal Jelly dipakai untuk memberikan makanan kepada seluruh larva yang ada di dalam lebah selama tiga hari saja. Selanjutnya hanya larva yang akan menjadi ratu yang terus diberi makan Royal Jelly sepanjang hidupnya.

 Karena makanan yang berbeda inilah (ratu makan Royal Jelly sedangkan lebah lain makan Madu dan Pollen), maka ratu lebah berusia sangat panjang dibandingkan dengan lebah umumnya. Apabila lebah biasa umurnya hanya berkisar 7 sampai 8 minggu, maka lebah ratu usianya berkisar antara 5 sampai 7 tahun (35 – 50 kali lebih panjang usianya dibandingkan lebah biasa).


Dengan konsumsi yang berbeda pula lebah ratu memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari lebah biasa (40% lebih besar) dan lebih berat (60% lebih berat). Kehebatan lain dari ciptaan Allah dalam bentuk lebah ratu ini adalah dalam hal reproduksi, meskipun ratu hanya kawin sekali saja seumur hidupnya, lebah ratu mampu bertelur dalam jumlah yang melebihi berat badanya setiap hari.


Dalam segala kelebihannya, ternyata ilmu pengetahuan belum mampu mengungkap secara keseluruhan apa yang terkandung di dalam Royal Jelly ini.





 Yang sudah terungkap adalah kandungan secara umum seperti :

# 66,05% substansi pelembab

# 12,34% protein

# 5,46% lemak

#2,49%  substansi tereduksi

# 0,82% mineral

# 2,84% senyawa yang belum diketahui

# hormon-hormon alami

# Berbagai vitamin : B kompleks (tiamin,piridoksin, riboflavin,niacin,asam panthotenat,biotin,inositol asam folat), vitamin A ,vitamin C dan vitamin E sbg anti oksidant.


20 macam asam amino (14 diantaranya adalah asam amino essential), asam nucleat dengan ikatan DNA-RNA mempertahankan kerja seluruh sistem sel didalam inti sel, dengan demikian memperkuat sel,protin dalam bentuk gelatin-kolagen


# Asam lemak essential

# Berbagai jenis mineral penting bagi tubuh


# Acethylcholin

 yang berperan untuk menghantar rangsangan saraf atau transmisi impuls saraf yang dikenal sebagai neurotransmitter atau disebut juga sebagai pengatur sekresi kelenjar-kelenjar tubuh.

# Gamma globulin  serta asam decanoic yang merupakan senyawa penting untuk meningkatkan sistem imunitas dan meng halau terhadap serangan infeksi,kuman dan jamur.


# 10-HAD (Hydroxy Decenoid acid)

Atau biasa disebut queen bee acid adalah komponen bio aktif  yang hanya ditemukan pada royal jelly.

pada beberapa penelitian, komponen 10HAD ini berperan pada proses neurogenesis sel saraf , sehingga mampu mengobati dan mencegah penyakit2 saraf  (https://en.wikipedia.org/wiki/Queen_bee_acid)

 juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, sebagai anti biotic,estrogenic dan meningkatkan kekebalan tubuh

# Asam Pantothenat (B5)

yang berfungsi meningkatkan penyerapan gizi dan membantu proses fisiologis dalam tubuh

# Peptida 

 serupa insulin yaitu asam amino yang berguna bagi penderita kencing manis, untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

# Paroten

#pyridoxine


 RoyalJelly juga digunakan sebagai obat untuk

 asthma, hay fever, liver disease, pancreatitis, type 2 diabetes, diabetic foot ulcers, sleep troubles (insomnia), fatigue (tiredness) secondary to cancer, premenstrual syndrome (PMS), infertility (inability to have a child), menopausal symptoms, stomach ulcers, kidney disease, bone fractures, menopausal symptoms, skin disorders, and high cholesterol. It is also used as a general health tonic, for fighting the effects of aging, and for boosting the immune system.
( https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-503/royal-jelly)

No comments:

Post a Comment